Kopi : Si Hitam Bikin Sehat

Si Hitam Bikin Sehat – Kopi, siapa yang tak mengenalnya. Minuman yang kaya akan sejarah ini merupakan salah satu komoditas yang tanamannya telah dibudidayakan di lebih 50 negara. Tak hanya itu, minuman dari negeri Arab ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Ya walapun ada bahayanya juga apabila dikonsumsi berlebihan.
Di Indonesia sendiri kopi merupakan komoditas yang sangat mudah didapatkan, mulai dari kualitas yang paling rendah hingga paling tinggi kelasnya di dunia seperti kopi Luwak. Hal tersebut dikarenakan Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar ketiga setelah Brazil dan Vietnam.

Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

Minuman hitam ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan seperti menurunkan resiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, jantung dan lainnya. Berikut rincian beberapa manfaat minum kopi bagi kesehatan:

  1. Kopi Mampu Meningkatkan Energi dan Membuat Anda Lebih Cerdas
    Meminum Kopi dapat meningkatkan energi karena mengandung stimulant yang disebut kafein, yang sebenarnya adalah zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia. Setelah anda memunim kopi makan kafein yang telah dicerna akan diserap oleh darah dan dialirkan ke otak. Banyak uji coba yang telah dilakukan pada manusia yang menunjukkan bahwa kopi mampu meningkatkan berbagai aspek dari fungsi otak. Yakni termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energy, waktu reaksi dan fungsi umum kognitif.
  2. Kopi Dapat Membantu Membakar Lemak
    Kafein adalah salah satu zat alami yang benar-benar terbukti dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak. Lantas penggunaan kafein hampir disetiap suplemen pembakar lemak bisa kita temui. Beberapa studi menunjukkan bahwa kafein dapat meninkatkan metebolisme tubuh hinggan 3-11%. Studi lain menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada penderita obesitas dan 29% padaorang kurus. Namun, ada kemungkinan efek ini akan berkurang pada peminum kopi jangka panjang.
  3. Kopi Bisa Menurunkan Resiko Diabetes Tipe II
    Diabetes tipe II merupakan masalah kesehatan yang sangat besar, yang saat ini mwlanda sekitar 300 juta orang di seluruh dunia. Pentakit ini ditandai dengan gula darah dalam konteks resistensi insulin atau tidak mensekresi insulin.
  4. Peminum kopi memiliki resiko rendah terkena beberapa jenis kanker
    Kanker adalah salah satu penyebab kematian terkemuka di dunia. Penyakit ini ditandai oleh pertumbuhan yang tidak terkontrol darisel-sel dalam tubuh. Kopi tampaknya melindungi terhadap dua jenis kanker yaitu kenker hati dan kanker kolorektal (usus besar). Kanker hati adalah penyebab utama ketiga kematian akibat kanker didunia, sementara kanker kolorektal menempati urutas keempat
  5. Kopi Menurunkan Resiko Stroke
    Kopi memang dapat meningkatkan tekanan darah, yang biasanya berkurang seiring waktu. Peminum kopi tidak memiliki peningkatan resiko penyakit jantung malahan memiliki resiko yang lebih rendah untuk terkena stroke.
  6. Kopi Memberikan Perlindungan Terhadap Hati
    Hati adalah organ vital yang melakukan ratusan fungsi penting dalam tubuh. Beberapa penyakit umum yang mempengaruhi hati diantaranya sikrosis, hepatitis, penyakit hati berlemak dan lain-lain. Ternyata kopi dapat melindungi hati dari sirosis. Orang yang minum 4 cangkir kopi atau lebih perhari memiliki tingkat penurunan resiko terkena sirosis hingga 80%.
  7. Kopi Dapat Melindungi Anda Dari Penyakit Alzheimer dan Demensia
    Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegenerative yang paling umum dan penyebab utama demensia di seluruh dunia.Penyakit ini biasanya mempengaruhi orang-orang yang berusia diatas 65 tahun. Beberapa studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit Alzheimer.
  8. Kafein Bisa Menurunkan Resiko Parkinson
    Penyakit Parkinson adalah penyakit neurodegenerative yang paling umum kedua, setelah Alzheimer. Sama denga penyakit Alzheimer, belum ada obat-obatan medis yang bisa menyembuhkan penyakit ini, sehingga sagat penting pada usaha pencegahan. Dalam penelitian, peminum kopi memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit Parkinson, dengan penuruna resiko berkisar 32-60%.

Manfaat minum kopi memang sangatlah mengagumkan, namum perlu diperhatikan bahwa segala yang berlebihan akan berefek buruk bagi tubuh sehingga sangat disarankan untuk bijak dalam mengkonsumsi kopi sehingga kita dapat memperoleh manfaatnya secara optimal.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Related Post

Mencicipi Camilan Khas Kota Gresik Mencicipi Camilan Khas Kota Gresik - Indonesia memiliki banyak sekali ragam keunikan dan ciri khas. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki ciri kha...
Jenis Makanan Ibu Hamil yang Baik untuk Dikonsumsi Jenis Makanan Ibu Hamil yang Baik untuk Dikonsumsi - Makanan merupakan aspek penting untuk kesehatan ibu hamil dan bayinya. Sayangnya, informasi menge...
Tahu Krispi, Menu Camilan Sehat Untuk Momen Berhar... Camilan Sehat Untuk Momen Berharga Bersama Keluarga - Saat ini banyak sekali jenis makanan yang dapat kita temui dengan mudah, dari jajanan pinggir ja...
Jamur Krispi Untuk Camilan Sehat Jamur Krispi Untuk Camilan Sehat - Makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok setiap makhuk hidup agar tetap bisa bertahan hidup. Makanan juga memberi...
Bentuk Olahraga Ringan Di Rumah
Gerakan Olahraga Ringan Di Rumah